You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Curahlele

Kec. Balung, Kab. Jember, Prov. Jawa Timur
Info
SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA CURAHLELE KECAMATAN BALUNG KABUPATEN JEMBER MARI KITA DUKUNG DALAM MEMBANGUN SISTEM INFORMASI DESA INI UNTUK KEMAJUAN DESA DI MASA MENDATANG . MARI KITA JAGA KESEHATAN DAN MEMBIASAKAN MEMAKAI MASKER DIMANAPUN KITA BERADA. BERSAMA KITA MEWUJUDKAN KENORMALAN BARU INI YANG BEBAS DARI PANDEMI COVID 19. SALAM DESA SEHAT!!!

Poktan Karya Utama Curahlele Ikuti Sekolah Lapang 1 IPDMIP


Poktan Karya Utama Curahlele Ikuti Sekolah Lapang 1 IPDMIP

Curahlele, 6 Oktober 2021 tepatnya di Dusun Karang Pakem Desa Curahlele, Kelompok Tani Karya Utama mengikuti kegiatan Sekolah Lapang 1 yang dihadiri oleh nara sumber yang terdiri dari PPL Curahlele Tri Harijono, Konsultan IPDMIP Gerson Jodi, Konsultan pertanian IPDMIP Regional IV Jawa Timur Joko Purwanto dan Yuswan Ahyat. Program ini merupakan upaya pembinaan untuk memperkuat kapasitas sdm dalam rangka percepatan pembangunan dan pengelolaan pertanian secara terintegrasi.

IPDMIP atau Integrated Participatory  Development and Management of Irrigation Program adalah merupakan program pemerintah dalam bidang irigasi dengan bertujuan untuk memperkuat keberlanjutan sistem irigasi dengan memperhatikan sistem kewenangannya, baik sistem irigasi yang menjadi kewenangan pusat, provinsi ataupun kewenangan kabupaten. Ini penting sekali diketahui khususnya bagi para petani yang tergabung dalam kelompok Tani, masing wilayah kewenangan itu memiliki tanggungjawab dan ruang lingkup kebijakan secara terstruktur dan hirarki.

Pada kesempatan itu ada beberapa poin-poin penting yang dibahas disamping sosialisasi tupoksi kewenangan, juga membahas masalah pertanian seperti aturan pemakaian pupuk yang pas, anjuran pemakaian pupuk organik, pemakaian obat-obatan yg tepat guna dan persoalan lain di lapangan seperti penanggulangan hama dan kondisi lahan/tanah.

Kades Curahlele saat hadir pada acara tersebut, menyampaikan apresiasi bahwa "program ini sangat bagus, dan petani perlu serius dan fokus untuk kegiatan ini, program ini menjadi wahana edukasi bagi para petani, untuk urun rembuk masalah-masalah pertanian, khususnya pada bidang irigasi. Mengingat, irigasi merupakan salah satu penyangga produksi pertanian masyarakat, tanpa adanya irigasi, maka produksi pertanian menjadi terhambat. Selama ini pemerintah terus berupaya mewujudkan kedaulatan tani, salah satunya melalui program ini. Besar harapannya nanti para petani terfasilitasi, tidak hanya pemenuhan kebutuhan akan kelancaran produksi pertaniannya, namun juga faham akan tanggungjawabnya untuk bersama-sama bersinergi dengan pemerintah mengawal program-program produktif dalam mewujudkan ketahanan pangan" tutur kades Curahlele.

Pada kesempatan itu, para peserta Sekolah lapang 1 berharap kegiatan ini menghasilkan wujud nyata, terutama perhatiannya terhadap produktifitas para petani yang nantinya berdampak pada kesejahteraannya. (Red)

Bagikan artikel ini:
Komentar