Transparansi Keuangan Desa Curahlele Tahun 2021

Administrator | 27 Oktober 2021 12:27:12 | Berita Lokal Desa | 44 Kali


Pemerintahan yang bersih dan tata kelola yang baik (good governance) ditandai dengan adanya pilar-pilar penting dan utama sebagai elemen mendasar yang saling berkaitan satu sama lain. Dalam hal ini meliputi partisipasi (pelibatan masyarakat), transparansi (keterbukaan) dan akuntabilitas (bertangungjawab). Hal itu dilakukan sebagai bentuk usaha untuk mengurangi terjadinya praktik penyimpangan dalam kegiatan penyelenggaraan pemerintahan desa dengan upaya menerapkan sistem akuntabilitas publik yang baik dan benar.

Sebagaimana amanah Undang-undang Desa No 6 Tahun 2014 tentang Desa, menggambarkan itikad negara dalam memberikan otonomi seluas-luasnya terhadap desa, hal ini ditandai dengan otonomi desa khususnya dalam penganggaran desa. Transparansi dan akuntabilitas di desa ini bisa terwujud apabila desa berusaha melaporkan kegiatan desa, termasuk kegiatan pengganggaran kegiatan desa dalam berbagai bidang secara transparan,akuntabel, dan partisipatif.

Desa Curahlele sudah berupaya menjalankan amanah itu dengan berusaha melaporkan berbagai kegiatan desa salah satunya dalam hal keuangan desa, baik melalui baliho yang dipasang ditempat-tempat umum dan strategis serta melalui media website resmi desa Curahlele, sehingga masyarakat dapat mengetahui apa yang dilakukan desa selama satu tahun.

Laporan transparansi keuangan desa melalui baliho dipasang di tempat umum tiga dusun, yakni dusun Krajan Tengah di halaman Depan kantor Balaidesa, di dusun Karam Pakem depan rumah Kepala Dusun Karang Pakem Bapak Mudasir, sedangkan di Krajan Kidul simpang jalan utara rumah Bapak Mashuri salah satu Pendamping Lokal Desa Curahlele.  

Berikut laporan transparansi keuangan desa melalui website resmi desa Curahlele tahun anggaran 2021 yang dirangkum dalam Laporan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDesa) Curahlele tahun 2021 yang dipetakan menjadi 3 bagian. Pertama, Pendapatan, kedua, dan ketiga, Penerimaan Pembiayaan dan Belanja.

A. PENDAPATAN

1. Dana Desa                                    : 1.261.796.444,-

2. Alokasi Dana Desa                        : 625.136.000,-

3. Bagi Hasil Pajak dan Retribusi Daerah     : 105.007.000,-

4. Pendapatan Asli Desa                               : 253.000.000,-

5. Total                                                           : 2.244.939.444,-

B. PENERIMAAN PEMBIAYAAN

1. Penerimaaan dan Pembiayaan                 : 67.674.168,-

2. Total Pendapatan dan Pembiayaan       : 2.312.613.612,-                                

C. BELANJA

1. Penyelenggaraan Pemerintahan Desa: 996.305.874,-

2. Pelaksanaan Pembangunan Desa      : 535.715.760,-

3. Pembinaan Kemasyarakatan Desa     : 74.039.000,-

4. Pemberdayaan Masyarakat        : 15.210.934,-

5. Penanggulangan Bencana, Darurat dan Mendesak: 691.342.044,-

TOTAL PENDAPATAN DAN PENERIMAAN PEMBIAYAAN  : 2.312.613.612,-

 

 



Tulis Komentar

Untuk Artikel Ini
Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar