You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Curahlele

Kec. Balung, Kab. Jember, Prov. Jawa Timur
Info
SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA CURAHLELE KECAMATAN BALUNG KABUPATEN JEMBER MARI KITA DUKUNG DALAM MEMBANGUN SISTEM INFORMASI DESA INI UNTUK KEMAJUAN DESA DI MASA MENDATANG . MARI KITA JAGA KESEHATAN DAN MEMBIASAKAN MEMAKAI MASKER DIMANAPUN KITA BERADA. BERSAMA KITA MEWUJUDKAN KENORMALAN BARU INI YANG BEBAS DARI PANDEMI COVID 19. SALAM DESA SEHAT!!!

Penyaluran BLT Dana Desa Periode 2 Tahap 4


Penyaluran BLT Dana Desa Periode 2 Tahap 4

Hari Kamis Tanggal 6 Agustus Tahun 2020 Jam 09.00, Pemerintah Desa Curahlele telah melaksanakan proses distribusi Bantuan Langsung Tunai Dana Desa yang merupakan agenda pemerintah pusat untuk membantu dan meringankan beban masyarakat yang terkena dampak wabah covid 19. Acara ini berlangsung di halaman Balaidesa Curahlele yang dihadiri oleh perwakilan pemerintah Kecamatan Balung, Babinsa, Babinkamtibmas, Satpol PP, Pendamping Lokal Desa.      

Abdul Hamid selaku Kepala Desa Curahlele menuturkan, bahwa bantuan dana desa ini adalah rangkaian dari tahap bantuan sebelumnya yang sudah berlangsung selama 3 tahap pada periode pertama dan kegiatan distribusi kali ini adalah periode 2 atau Tahap ke-4. Namun demikian dalam prakteknya, ada yang berbeda, jika pada periode sebelumnya besaran nominal uang yang diterima 600 ribu rupiah, tetapi pada tahap ke 4 ini sudah berbeda menjadi 300 ribu rupiah per-orang. Perbedaan besaran nominal ini merupakan kebijakan presiden dan para menterinya, khususnya menteri Desa. Kami sebagai Aparatur Pemerintah Desa memiliki tanggungjawab untuk mendistribusikan dan memastikan dilapangan, masyarakat dapat menerima sesuai dengan data yang telah terverifikasi melalui hasil musyawarah Desa Khusus dengan melibatkan RT dan RW, Kepala Dusun dan aparatur pemerintah desa, sebagai bentuk check and balance kami menghadirkan beberapa tokoh masyarakat, Bhabinsa dan Babinkamtibmas.

Hasil data yang telah terverfikasi pada periode sebelumnya, untuk desa Curahlele ada 245 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Data tersebut kami evaluasi, verifikasi dan supervisi kembali, melalui Musdes Khusus dan hasilnya ada perubahan KPM yakni sejumlah 67 dari 245 KPM. Tentu perubahan ini mendasarkan kepada sejumlah fakta dan data mengenai kelayakan, ketepatan serta berhak dan tidaknya menerima bantuan tersebut melalui hasil gali aspirasi dalam forum musyawarah Desa Khusus yang melibatkan RT, RW, Kasun, pendamping Lokal Desa, Pendamping Kecamatan, tokoh masyarakat dan hasilnya kami konfirmasikan kepada Pemerintah Kecamatan Balung.

Sementara itu, Bapak Herwanto selaku Babinsa Desa yang ditugaskan di desa Curahlele menambahkan, Dana desa untuk bantuan masyarakat yang terdampak wabah ini, telah diupayakan dengan sebaik mungkin dan kami cek betul dilapangan, apakah yang bersangkutan berhak atau tidaknya untuk menerima bantuan tersebut. Kami bersama-sama dengan jajaran pemerintah desa, Babinsa dan Babinkamtibmas melaksanakan tugas untuk memastikan proses distribusi BLT DD Periode 2 Tahap 4 ini sesuai ketentuan aturan dan standar data yang telah diverifikasi.

Lebih lanjut, Bapak Andika selaku babinkamtibmas menambahkan, setelah kami cek, bersama-sama dengan para pemangku kebijakan pemerintah desa, bahwa data memang ada perubahan, namun kami sudah memverifikasi, memastikan betul data tersebut valid dan sesuai dengan fakta dilapangan. Mudah-mudahan kerjasama ini terus ditingkatkan dan masyarakat yang menerima bantuan ini betul-betul menggunakannya dengan baik. (co. Fauzi dan M.Nur). 

 

Bagikan artikel ini:
Komentar