You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Curahlele

Kec. Balung, Kab. Jember, Prov. Jawa Timur
Info
SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA CURAHLELE KECAMATAN BALUNG KABUPATEN JEMBER MARI KITA DUKUNG DALAM MEMBANGUN SISTEM INFORMASI DESA INI UNTUK KEMAJUAN DESA DI MASA MENDATANG . MARI KITA JAGA KESEHATAN DAN MEMBIASAKAN MEMAKAI MASKER DIMANAPUN KITA BERADA. BERSAMA KITA MEWUJUDKAN KENORMALAN BARU INI YANG BEBAS DARI PANDEMI COVID 19. SALAM DESA SEHAT!!!

PEMDES Curahlele Bimtek LINMAS Desa


PEMDES Curahlele Bimtek LINMAS Desa

Curahlele, 1 Desember 2020 Jam 08.00 WIB Pemerintah Desa Curahlele Balung menggelar bimbingan tekhnis bagi LINMAS Desa dengan tajuk Tema "Penguatan dan Peningkatan Kapasitas tenaga Keamanan-Ketertiban (Linmas). Kegiatan ini dilakukan guna untuk meningkatkan profesionalitas dan kinerja Linmas. Mengingat Linmas adalah benteng pertahanan lingkup terkecil yang perlu diperankan secara optimal. Keterlibatan linmas sangat diperlukan, disamping untuk menjaga kondusifitas lingkungan masyarakat Desa dalam berbagai kegiatan salahsatunya menyukseskan pemilu kepala daerah serentak yang akan diselenggarakan tanggal 9 Desember yang akan datang.

Pada kesempatan itu, kepala desa Curahlele Abdul Hamid menyampaikan, bahwa Linmas adalah salah satu pihak yang perlu diperhatikan, pasalnya merekalah penyangga utama keamanan di lingkup desa. Jika selama ini mereka dilibatkan dalam event-event tertentu, semisal pesta demokrasi, hajatan Desa, kini mereka harus berperan optimal dan menjadi pelopor keamanan desa. Linmas harus terlibat dan bekerjasama dengan Kepala Dusun, RT dan RW serta aparatur pemerintah Desa guna mendukung berbagai program yang telah di agendakan oleh pemerintah Desa, terutama kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam segala hal, baik  mengantisipasi berbagai ancaman keamanan, baik dari dalam maupun dari luar. 

Peserta kegiatan bimtek tersebut dihadiri keanggotaan LINMAS aktif sejumlah 27 personil dan diisi oleh Narasumber yang kompeten dibidangnya. Lima Narasumber tersebut terdiri dari Bhabinkamtibmas Bapak Rico, Bhabinsa Bapak Herwanto, Satuan Polisi Pamong Praja Bapak Madsari, Akademisi dan Pegiat Desa Akhmad Munir, serta Kepala Desa.

Materi yang disuguhkan dalam agenda tersebut seputar "wawasan kebangsaan", "wawasan tentang strategi keamanan", "pencegahan dan penegakan pelanggaran hukum", "pendekatan dan strategi membangun ketertiban lingkungan masyarakat", "wawasan tentang perkembangan Informasi tekhnologi serta dampaknya bagi keamanan masyarakat" serta "penguatan Tugas Pokok, dan Fungsi LINMAS". Disisi lain, peserta juga latih PBB dan simulasi penertiban lalu lintas.  

Besar harapan Linmas yang sudah di bimtek akan bertugas secara optimal dan dapat berkontribusi dalam peningkatan kondisi lingkungan masyarakat yang kondusif dan menjadi mitra pemerintah desa dalam mewujudkan tujuan-tujuan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa kedepan.(co.M.Nur)

 

Bagikan artikel ini:
Komentar